ArtaGrahaNews.com

Portal Berita Resmi Artha Graha

Sunday 21st July 2024

Penghijauan bersama Artha Graha Peduli dan Denma Pasmar-2. 

Penghijauan bersama Artha Graha Peduli dan Denma Pasmar-2. 
Dalam rangka Program Penghijauan, Artha Graha Peduli bersama Tim Denma Pansmar-2 melakukan penanaman pohon di Lokasi Kawasan Markas Komando Marinir – 2, di Marunda, Jakarta Utara.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh sejumlah perwakilan unit Usaha Artha Graha Network yang ikut berpartisipasi, diantaranya adalah  Security Group Artha (SGA), Hotel Borobudur Jakarta (HBJ), Mall Artha Gading (MAG), Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC), dan tuan rumah Tim DENMA PASMAR-2 (25/10/2017)

Penanaman ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghijaukan kawasan PASMAR-2 dengan menanam Pohon Trembesi, Pulai,  Tanaman buah Jambu Air, Mangga dan Tanaman peredu. Pemilihan tanaman tersebut diyakini telah sesuai dengan kondisi iklim dan media tanaman dilokasi tersebut, Sehingga harapan hidup menjadi lebih tinggi.

Trembesi atau yang kerap disebut dengan Ki Hujan, Pohon Hujan ini aslinya hidup di Amerika Selatan yang secara natural memiliki kemampuan untuk hidup dalam cuaca tropis. Secara fisik, pertumbuhan Trembesi mampu tumbuh mencapai ketinggian antara 20 – 25 meter, dengan diameter batang utama mencapai 30 meter. Disamping itu, Trembesi merupakan pohon ideal sebagai peneduh dan pelindung, dengan memiliki daun yang rimbun, dan akar-akar yang besar, kuat menancap ke dalam tanah.

Berikutnya adalah jenis tanaman besar lainnya yang disebut Pulai. Pohon ini memilki tinggi dengan pertumbuhan ideal mencapai 40 M, batang utama kokoh, daun yang bergerombol, sehingga sesuai sebagai Pohon Pelindung dan Peneduh. Selain itu yang menarik dari Pulai adalah bunga tanaman ini akan mekar setiap bulan Oktober dan memiliki aroma yang harum. Jadi patut kita tunggu nih..

Selanjutnya adalah tanaman buah. Pilihannya adalah tanaman Jambu Air dan Mangga. Kedua tanaman ini memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik di iklim tropis. Selain sengaja ditanam sebagai peneduh, tanaman ini juga dimanfaatkan untuk mendapatkan buah yang dihasilkan. Kandungan gizi yang terdapat dalam buah Jambu Air dan Mangga tersebut diyakini akan memberikan manfaat bagi semua orang. Ketinggian tanaman buah yang dipelihara rumahan rata-rata akan mencapai ketinggian 10 meter dan layak sebagai pohon peneduh.

Berfungsi sebagai tanaman hias, maka dipilih tanaman jenis Pucuk Merah. Saat ini, Pucuk Merah merupakan tanaman yang mudah untuk ditemui di taman bermain dan sering menjadi tanaman penghias rumah atau kantor. Tanaman ini sangat khas dengan memiliki ujung daun muda yang berwana orange dan merah. Tajuk tanaman muda yang baru tumbuh akan menyembul indah di sela – sela daun yang menghijau, layaknya bunga di antara dedaunan. Tanaman ini memiliki tinggi ideal mencapai sekitar 60 cm, dan memiliki kemampuan untuk bertahan dan beradaptasi dengan baik.

Selanjutnya tanaman-tanaman ini akan dipantau dan dimonitor oleh pihak AGP selama kurang lebih 6 bulan untuk mengetahui perkembangan pertumbuhan tanaman.

Disamping itu, dalam kegiatan ini AGP juga memberikan bantuan dana untuk mendukung kegiatan operasional perawatan, pemulihan dan pemeliharaan tanaman kepada pihak Denma Pasmar-2 yang secara simbolis diserahkan oleh perwakilan AGP, ibu Hanna Lilies kepada Dandenma PASMAR-2 Letkol Marinir Hervianto Nugroho didepan Mako Pansmar-2, Marunda, Jakarta Utara.(1/11/2017)

 

Print Friendly, PDF & Email

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan